Menteri Koperasi dan UKM: Pariwisata dan UMKM itu Seperti Dua Mata Uang

menteri-koperasi-dan-ukm-pariwisata-dan-umkm-itu-seperti-dua-mata-uang

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga memberikan sambutan saat peresmian Hotel Ladja di Sintang Business Center, Jalan YC Oevang Oeray Sintang, Minggu (13/11/2016) sore.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menerangkan bidang pariwisata sangat bertautan dengan Usaha Kecil Menengah (UKM). Ketika pariwisata maju, otomatis UKM juga akan ikut maju.

“Pariwisata dan UMKM itu seperti dua mata uang. Satu maju, yang lain maju. Pariwisata maju, UKM juga ikutan maju,” ungkapnyasaat peresmian Hotel Ladja di Sintang Business Center, Jalan YC Oevang Oeray Sintang, Minggu (13/11) sore.

Mantan Wakil Gubernur Bali Periode 2008-2013 ini mencontohkan Provinsi Bali. Sebagai satu diantara destinasi dunia, bidang pariwisata dan UKM tumbuh bersama.

“Semua hidup, tanpa banyak campur tangan pemerintah. Pemerintah hanya menyiapkan akses pembiayaan dengan biaya ringan,” ucapnya.

Selain itu, untuk memudahkan perekonomian masyarakat. Saat ini pemerintah sedang getol-getolnya membangun infrastruktur baik pelabuhan laut, pelabuhan udara maupun jalan-jalan.

“Semua itu dibangun untuk melancarkan distribusi barang. Ketika sudah dibangun, diharapkan biaya ekonomi yang tinggi menjadi rendah,” imbuhnya.

Pemerintah harus melakukan hal tersebut untuk menjaga kekokohan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jangan sampai ada ketimpangan antar daerah yang terlalu tinggi. Bukti nyata, sekarang saudara-saudara kita di Papua bisa membeli premium seharga Pulau Jawa. Dulunya premium sangat mahal. Itu juga yang kita harap pada daerah-daerah lainnya,” tandasnya.

sumber: pontianak.tribunnews.com

Add a Comment