ABDSI Dorong Peringatan Hari Nasional UMKM

Surakarta (14 juli 2017) – Semua pihak ikut diharapkan ikut mendorong penyelenggaraan peringatan Hari Nasional UMKM. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum ABDSI Cak Samsul di sela-sela acara acara Rapimnas  Asosiasi BDS Indonesia yang diselenggarakan di UNS Inn Surakarta tanggal 13-14 Juli 2017.

“Kongres Nasional UMKM yang pertama kali digelar di Yogyakarta 25-26 mei 2016 telah merekomendasikan 12 Agustus sebagai Hari Nasional UMKM. keputusan kongres tersebut perlu ditindaklanjuti oleh semua pemangku kepentingan UMKM, agar kita memiliki momentum untuk mengkonsolidasikan segenap sumberdaya yang begitu besar dalam memajuan peran UMKM dalam perekonomian nasional.” ucap Cak Samsul.

Selanjutnya Cak Samsul menjelaskan: “UMKM dianggap sebagai penyelamat ekonomi bangsa di saat krisis ekonomi 2008 lalu. Namun demikian atribut tersebut hanyalah sekedar lips service. Peran penting UMKM tidak tercermin sama sekali dalam struktur anggaran pemerintah. Maka kita semua harus memperjuangkan dengan sungguh-sungguh agar atribut sebagai penyelamat ekonomi bangsa betul-betul tercermin dalam kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada UMKM. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam menyambut Hari Nasional UMKM akan menjadi penyemai benih-benih kerja strategis Pentahelix UMKM sebagai lima pilar utama pembangunan UMKM, yakni pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas UMKM, dan pendamping UMKM.” sambung Cak Samsul.

Beberapa daerah sudah mulai menyelenggarakan peringatan Hari Nasional UMKM tahun ini, antara lain Kota Banjarbaru dan Kota Yogyakarta.  Bentuk kegiatannya beragam, mulai dari Kopdar, bazaar, dan pemberian penghargaan.

Add a Comment