Akhir Tahun Pelindo III Kucurkan Dana UKM

sap-jasa-kurir

Pelindo III akhir tahun ini kembali mengeluarkan dana sebasar Rp 1,245 miliar untuk program pelatihan tentang kewirausahaan asal Kalimantan Selatan  dan manajemen usaha untuk UKM mitra binaannya dan layak menjadi mitra binaan perusahaan.
Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto mengatakan, dana yang disalurkan kepada 50 pengusaha terpilih dari hasil survei dari PT Pelindo III dapat memanfaatkan dana yang disalurkan tersebut untuk mengembangkan usahanya.
“Minimal dengan pelatihan ini menjadi lebih tahu bagaimana cara memasarkan, mengemas produk, serta bagaimana manajemen keuangan, dan lain sebagainya,” terang  Toto Heli Yanto di Surabaya kemarin. Dia berharap setelah diberi pelatihan, mitra binaan dapat  mengembangkan produk-produk unggulan khas Kalimantan Selatan.

Dari dana sebesar  Rp 1,245 miliar tersebut disalurkan kepada para mitra binaan. Mereka berasal dari berbagai daerah, meliputi Banjarmasin 26 orang dengan jumlah penyaluran mencapai Rp 627,5 juta, dan berbagai daerah lain meliputi  Banjarbaru, Martapura, Barabai, Binuang, Batola dan Kotabaru dengan jumlah peserta total mencapai 50 orang.
Menurutnya, Pelindo III tidak hanya menyalurkan dana kemitraan dan kemudian berhenti di situ saja, tapi juga akan memberikan apresiasi bagi mitra binaan yang telah menujukan perkembangan usaha yang dikelolanya.
“Bisa saja kita akan ikutkan bapak ibu dalam kegiatan pameran baik itu yang diselenggarakan di dalam negeri maupun luar negeri,” tandas Toto.
Selain program kemitraan, Pelindo III juga mengadakan kegiatan Penyaluran Dana Hibah Bina Lingkungan di Banjarmasin. Penyaluran dana hibah tersebut diperuntukkan untuk renovasi sarana pendidikan, rumah ibadah, serta bedah rumah dengan total dana mencapai Rp 179 juta untuk 18 objek bantuan, seperti sekolah, masjid, dan Rp 150 juta untuk bedah rumah veteran.
Terpisah General Manager Pelindo III Cabang Banjarmasin, Hengki Jajang Herasmana, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian dan perhatian kepada masyarakat sekitar.
“Kami bukan perusahaan yang hanya mengejar keuntungan semata tanpa memperdulikan masyarakat yang ada di sekitar perusahaan. Tapi kami berusaha untuk selalu peduli terhadap kondisi sosial masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan termasuk para veteran,” imbuhnya.
Sedikit menyinggung tentang program kemitraan, Hengki berharap para mitra binaan yang mendapatkan bantuan dana dapat memanfaatkan dengan optimal dan tepat sasaran. Pokok pinjaman yang disalurkan kepada mitra akan dibayarkan pada bulan ke-7 hingga bulan ke-30 dengan bunga yang sangat rendah. Serta berharap kepada para mitra binaan untuk dapat membayar angsurannya tepat waktu.
“Pengembalian yang tepat waktu oleh para mitra binaan akan dapat bermanfaat bagi calon mitra binaan lainnya karena pinjaman ini merupakan dana bergulir,” ujarnya
Jumberi, salah satu mitra binaan yang telah lama mengelola pembuatan kacang jaruk di Barabai, mengungkapkan bahwa adanya pinjaman lunak dari Pelindo III bermanfaat untuk pengembangan usahanya.  Hal senada dirasakan oleh Rina Yanti, yang sedang mengembangkan peternakan kelinci.
“Saya senang sekali dan berterima kasih kepada Pelindo III yang telah memberikan saya kesempatan dan saya harap usaha saya bisa maju dan berkembang sama seperti rekan-rekan yang lainnya,” ungkapnya.
sumber : www.beritametro.co.id

Add a Comment