Bangun Kemitraan, UMKM Naik Kelas

Makassar, 19 Oktober 2017 – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkerjasama dengan Business Development Service-Provider (BDS) Indonesia yang merupakan asosiasi konsultan pendamping UMKM dan Koperasi, menggelar kegiataan kemitraan bertemakan “Aksi Sinergi Mengakselerasi UMKM Naik Kelas Melalui Kemitraan” yang akan dilaksanakan di tiga kota, yaitu Makassar, Yogyakarta dan Banda Aceh pada Oktober dan November 2017.

Dalam kegiatan kemitraan ini, nasabah PNM dari produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang berada di tiga kota pelaksanaan acara akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan terpadu dan berkelanjutan dari BDS Indonesia, FOKUS, CIS dan Lunas yang merupakan lembaga pendampingan UMKM terpercaya di Indonesia” ucap Bambang Siswaji, Direktur Bisnis 2 PNM pada pembukaan acara di Gedung PLUT KUMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (19/10).

Bambang Siswaji menambahkan, “Kegiatan kemitraan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengembangan produk, pemasaran dan memperluas jaringan kerjasama antara pengusaha agar UMKM dapat naik kelas”. Melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), PNM memberikan pandampingan, pelatihan dan program klasterisasi usaha kepada nasabah ULaMM berdasarkan pada kebutuhan pengembangan usaha.

Kegiatan Kemitraan akan menghadirkan narasumber yang inspiratif dari berbagai latar belakang usaha dalam seminar dan focus group discussion (FGD) untuk membuat rencana aksi kemitraan umkm naik kelas jangka pendek dan menengah. PNM pun turut berkerjasama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu – Pendamping KUMKM atau PLUT-KUMKM Provinsi Sulawesi Selatan, D.I.Yogyakrata dan Aceh dalam memfasilitatori kegiatan kemitraan ini.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaya pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.

Saat ini PNM memiliki 1.865 kantor layanan, yang terdiri dari 63 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.171 kantor cabang Makassar.

Add a Comment