Dengan Technopark, UKM Cimahi Lebih Kompetitif

TNP2

Pemkot Cimahi optimistis pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) apabila ditunjang dengan kehadiran Technopark.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Cimahi Benny Bachtiar menjelaskan, agar bisa bersaing di pasar tunggal tersebut, pemkot tidak hanya fokus memberikan perlindungan terhadap produk lokal dari maraknya gempuran produk impor, tapi juga menyiapkan pembinaan dan peningkatan kapasitas pelaku usaha.

“Dengan adanya Technopark nanti, kami yakin akan mampu melindungi produk-produk lokal kita. Karena, di Technopark itu kita akan memberikan bimbingan kepada masyarakat bahwa produk yang dibuat dapat dilihat kekurangannya,” kata Benny, kepada wartawan (10/1/2016).

Dia menjelaskan pemerintah ‘ngotot’ ingin membangun Tehnopark di Lapangan Krida Cimahi Selatan karena manfaat yang ditimbulkannya akan jauh lebih besar bagi kemajuan ekonomi masyarakat.

Karena dengan kondisi saat ini, semisal susu untuk diolah menjadi beberapa jenis produk yang bersangkutan harus konsultasi hingga keluar daerah tentang bagaimana meningkatkan kualitas produknya, dan itu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

“Dengan adanya Technopark, masyarakat tidak perlu lagi melakukan konsultasi jauh-jauh yang bisa menghamburkan biaya,” katanya.

Karena dengan keberadaan gedung yang dibangun dengan kerjasama BPPT itu akan menyiapkan konsultan-konsultan yang sudah terpercaya dan kredibel dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat.

Dengan kata lain, pemerintah melakukan suatu langkah nyata untuk membangung perekonomian kerakyatan dengan membangun technopark ini.

“Intinya tujuannya untuk memajukan perekonomian masyarakat, khusunya Cimahi dan tidak hanya dalam mengahadapi MEA saja,” pungkasnya.

sumber : www.bandung.bisnis.com

Add a Comment