Gandeng Koperasi, Perajin Pasarkan Keramik Balong

foto: suaramerdeka

Pemasaran memang masing menjadi kendala bagi para perajin keramik yang ada di Desa Balong, Kecamatan Jepon, Blora. Karena memang keramik balong baru dikembangkan oleh Pemkab Blora sejak tiga tahun terakhir. Untuk memperluas jaringan pemasaran maka Koperasi Keramik Usaha Bersama Desa Balong melakukan kerjasama dengan Koperasi KUD Kasongan Yogyakarta.

Penandatanganan kerjsama itu dilakukan secara langsung oleh Ketua Koperasi KUD Kasongan Ngadiana dengan Pengurus Koperasi Keramik Usaha Bersama Balong di Balai Desa Balong Hadir daam penandatangan kerjasama itu, perwakilan dari Bappeda Blora, Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL), perangakat Desa Balong dan perajin keramik setempat.

Ngadiana mengatakan bahwa potensi keramik di Balong sangat bagus dan dirinya senidi sudah melihatnya, sehingga perlu dirangkul untuk pemasaran. Sebab pangsa pasar keramik sangat baik dan banyak pesanan yang sulit dipenuhi. Dengan mengandeng dari keramik Balong tentu akan semakin membuat perkembangan kerajinan keramik balong menjadi lebih bagus. “Beberapa model keramik yang dibutuhkan pasar kami bawa agar nantinya bisa dibuat disini untuk ekspor,” ujar Ngadiono.

Bahkan Ngadiono memuji kalau kualitas tanah yang ada di Balong sangat bagus melebih kualitas tanah yang ada di kasongan. Maka potensi keramik yang sudah sangat bagus harus di manfaatkan dengan baik.

Pembina Koperasi Usaha Bersama Keramik Balong Suwarno mengaku senang dengan adanya kerjasama dengan Koperasi Kasongan. Dengan demikian maka geliat keramik yang ada di Balong bisa semakin ramai dan kreatifitas para perajin juga akan semakin terasah. “Peluang dan kerjasama ini sangat bagus, sehingga kendala pemasaran yang selama ini dirasakan, akan berangsur dapat diobati,” ujar Suwarno.

Untuk itu kepercayaan yang diberikan oleh Koperasi KUD Kasongan akan dimanfaatkan dengan baik, dan membuat kualitas kerajinan keramik yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Dia melihat keramik yang kecil-kecil dan sepele ternyata mampu menguasai pasar.

Sementara itu Sekretaris Forum Pengembangan Ekonomi Daerah Sri Raharjo berharap kerjasama dengan Kasongan merupakan angin segar bagi kerajinan keramik Balong. “Kesempatan baik itu harus dimanfaatkan dengan baik, kerjasama dengan Kasongan jelas merupakan jaminan pemasaran akan menjadi lebih baik dan prospek cerah,” kata Sri Raharjo yang juga menjadi Kasi ekonomi perdagangan  Bidang Ekonomi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora.

sumber : http://berita.suaramerdeka.com

Add a Comment