Gerakan Mari Berdigital Bekali Pengetahuan Pelaku UMKM

Gerakan Mari Berdigital Bekali Pengetahuan Pelaku UMKM

bDigital Indonesia sebagai perusahaan teknologi penyedia platform bisnis berbasis internet, menggelar Gerakan Nasional Mari Berdigital untuk kalangan pemilik dan pelaku bisnis UMKM di Indonesia.

Dengan jumlah penduduk yang melebihi angka 250 juta jiwa, Indonesia dinilai memiliki potensi yang sangat luar biasa bagi kalangan pemilik atau pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terlebih, datangnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membuat kompetisi dalam dunia bisnis akan semakin ketat.

Mencermati kondisi tersebut, bDigital Indonesia sebagai perusahaan teknologi penyedia platform bisnis berbasis internet, menggelar Gerakan Nasional Mari Berdigital untuk kalangan pemilik dan pelaku bisnis UMKM di Indonesia.

CMO bDigital Indonesia, Andi Silalahi, mengatakan, program yang diusung pihaknya memiliki tujuan agar kalangan pelaku UMKM memiliki pengetahuan yang bermanfaat dan bisa diterapkan dalam membangun usaha di era digital seperti sekarang ini.

“Kalangan pelaku UMKM di Indonesia selama ini sering mengalami masalah keterbatasan dalam menghadapi era digitalisasi. Karenanya, kami berinisiatif untuk memberikan bekal bagi mereka dalam menghadapi persaingan,” kata Andi di SME Tower, belum lama ini.

Melalui gerakan ini, lanjut dia, kalangan pemilik dan pelaku UMKM diharapkan dapat mengimplementasikan dan memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan usahanya. “Gerakan ini, nantinya juga akan dirangkaikan dengan seminar dan training selama setahun penuh, yang digelar di sejumlah kota dan provinsi yang ada di seluruh Indonesia,” kata Andi.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram, mengatakan, upaya untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus dilakukan oleh pemerintah, termasuk Gerakan Nasional Mari Berdigital yang ditargetkan untuk menjaring UMKM dari berbagai sektor bisnis ini.

“Upaya dan program pemberdayaan UMKM tentunya memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kapasitas dan daya saing produk UMKM di seluruh Indonesia,” kata dia.

Agus Muharram menyampaikan, banyak stakeholders yang concern terhadap UMKM. Karenanya, pihaknya berharap agar kegiatan yang menghadirkan beberapa narasumber itu bisa menjadi komplementer, dapat berjalan dengan efektif dan memberikan dampak yang konkrit bagi peningkatan usaha para pelaku UMKM.

“Kegiatan seperti ini tentunya agar dilakukan secara berkesinambungan demi kelangsungan usaha UMKM di seluruh Indonesia,” tambahnya.

sumber: beritasatu.com

Add a Comment