Globalisasi dan TI Dorong UMKM Naik Kelas

Dengan semakin kerasnya persaingan bisnis yang dipacu globalisasi dan masifnya penggunaan teknologi dan informasi,  maka UMKM Harus Naik Kelas. Hal tersebut disampaikan Samsul Hadi Founder FOKUS UMKM di acara Focus Group Discussion UMKM Naik Kelas di PLUT KUMKM Surakarta tanggal 16 Desember 2016.

Samsul Hadi  melihat perlunya akselerasi peningkatan produktivitas dan daya saing UMKM. “Beberapa waktu lalu Presiden sudah meminta agar UMKM didorong untuk naik kelas. Untuk itu UMKM harus disiapkan agar mampu menangkap berbagai peluang. Melalui gerakan UMKM Naik Kelas diharapkan terjadi akselerasi peningkatan produktivitas dan daya saing sehingga UMKM Indonesia unggul di dalam negeri dan tangguh di pasar global” Ujarnya.

Dalam forum FGD yang dihadiri perwakilan pentahelix UMKM (birokrat, akademisi, pebisnis, komunitas UMKM, dan pendamping) tersebut dibahas tentang latar belakang, peraturan, definisi, kriteria, indikator, dan cara pengukuran UMKM Naik Kelas. “Hasil FGD ini sangat penting bagi pemerintah  dalam memberi arah implementasi pembangunan UMKM. Pemberdayaan UMKM harus terukur dan berdampak nyata. Tidak boleh asal jalan, asal anggaran terserap.” Kata Hj. Nur Haryani, SE, MM Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta.

“Perlu dibangun kesamaan pandang semua pemangku kepentingan terhadap bagaimana UMKM Naik Kelas diimplementasikan. FGD kali ini juga mencoba memformulasikan isu-isu penting yang harus digarap oleh UMKM Naik Kelas.” Kata Teguh Setyadi Konsultan PLUT KUMKM Surakarta.

Dalam forum FGD tersebut Kunto Adi dari PSP-KUMKM UNS Surakarta menjelaskan perlunya indikator yang spesifik, obyektif, dan terukur. “Semangat UMKM Naik Kelas adalah mengakselerasi perbaikan kinerja bisnis UMKM. Maka indikator yang spesifik, obyektif dan terukur menjadi prasyarat mutlak. Hal tersebut akan memberi panduan yang jelas bagi semua pihak untuk bersinergi dan berbagi peran dengan optimal.”

Hasil-hasil FGD di PLUT KUMKM Surakarta akan disampaikan ke Presiden, Menteri KUKM, dan pihak-pihak terkait lainnya agar ditindaklanjuti menjadi langkah nyata dan dirasakan manfaatnya oleh UMKM.

Add a Comment