Hebat, Limapuluh Kota Segera Miliki PLUT

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat terus melakukan kerja nyata. Tahun ini, segera dibangun Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang berlokasi di Ketinggian, Sarilamak. Menelan anggaran Rp3 miliar.

PLUT ini, merupakan wujud integrasi potensi dan sumberdaya produktif bagi pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM)

“Nantinya, PLUT akan menjadi fasilitator dalam pemberian layanan pemenuhan kebutuhan pengembangan usaha KUMKM,” kata Kasman Kasim, Senin (24/072017).

Kasman yang merupakan Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM Limapuluh Kota menyebut, tahun ini, hanya ada dua daerah yang mendapatkan program pembangunan gedung PLUT. Selain Limapuluh Kota, Anambas di Kepulauan Riau.

PLUT ini kata Kasman, bakal menjadi mediator yang mampu menjembatani KUMKM dalam membangun hubungan dengan pemangku kepentingan lainnya. “Iya, bahagian dari menstimulator perkembangan usaha KUMKM,” ulas Kasman.

Didampingi Sekretaris Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM, Ayu Mitria, Kasman menyebut, beberapa hari lalu, tim Kementrian Koperasi sudah turun ke Limapuluh Kota. Selain bertemu Bupati Irfendi Arbi, tim juga menggelar sosialisasi program PLUT-KUMKM ini.

Acara yang digelar di Sago Bungsu 2, Lubuak Batingkok, Harau, Limapuluh Kota tersebut, melibatkan puluhan peserta yang berasal dari OPD terkait, Bappeda, Asisten II Bidang Ekonomi, KADIN, DPRD, Dekopinda, Lembaga Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi serta Konsultan Pendamping KUMKM (BDS dan KKMB).

Kemudian, hadir pengurus IWAPI, Perbankan, PT Telkom, Bazis Limapuluh Kota dan pelaku usaha koperasi dan UKM. Acara ini, digerakan oleh Bidang Restrukturisasi Usaha Kementrian Koperasi dan UKM RI, lewat Asisten Deputi Pendampingan Usaha, Eviyanti Nasution.

Saat bertemu Bupati Irfendi, Eviyanti mengaku, sengaja memilih Limapuluh Kota sebagai penggerak PLUT, karena beberapa faktor. “Teristimewa itu, berhasilnya Limapuluh Kota meraih opini WTP dari BPK,” kata Eviyanti didampingi sejumlah rombongan Kementrian.

Dalam acara tersebut, juga digelar sosialisasi grand desaign program PLUT-KUMKM serta peluncuran kampung UKM Digital Sinergi dengan PLUT-KUMKM.

Terpisah, perjuangan panjang Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM di era kepemimpinan Yunire Yunirman, Elfi Rahmi dan Kasman Kasim, diapresiasi oleh Bupati Irfendi Arbi.

Bupati menegaskan, PLUT benar-benar berjalan sesuai tujuannya. “Jangan sampai, PLUT justru hanya berupa bangunan saja, namun operasionalnya tidak jalan. Ini tidak boleh,” demikian instruksi Bupati Irfendi Arbi.

Terakhir, Bupati mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Koperasi dan UKM RI yang sudah mempercayakan daerahnya, sebagai satu-satunya Kabupaten dan Kota di Sumbar yang mendapatkan program PLUT. (003)

sumber: sumbarhebat.com

Add a Comment