Jokowi ke Pelaku UMKM: Hati-hati, Nanti Ada Rendang Masuk dari Negara Lain

NPWP-PB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada pelaku usaha di Indonesia agar jangan takut menghadapi era MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan efektif 1 Januari 2016. Jokowi meminta agar pelaku UMKM meningkatkan kualitas produk agar bisa diekspor ke luar negeri.

Selain itu, Jokowi mengatakan, meningkatkan kualitas bertujuan agar produk UMKM tidak kalah bersaing dengan produk dari negara lain. Jokowi mengingatkan agar pelaku usaha, khususnya UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produknya. Hal ini dilakukan agar tidak kalah bersaing dengan produk dari negara lainnya, seperti rendang.

“Rendang, hati-hati, artinya itu bisa kita diekspor. Jangan keliru. Nanti ada rendang masuk dari negara lain kaget kita,” kata Jokowi dalam pidato Penyerahan Penghargaan Produktivitas Paramakarya 2015 kepada 22 perusahaan UMKM di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Selanjutnya, Jokowi menambahkan, “Memang ranking kita masih competitiveness. Nomor kita di 109. Ini yang harus kita kejar,” tambah Jokowi

Selain itu, Jokowi mengaku senang karena produk Indonesia seperti kripik bisa ekspor ke luar negeri.

“Syukur kripik kita masuk ke Korea. Saya takut kripik lain masuk ke Indonesia. Yang punya daya saing masuklah ke negara lain,” ujar Jokowi

sumber : finance.detik.com

Add a Comment