Kadin: Semua Kementerian Harus Bersinergi Kembangkan UMKM

Semua Kementerian Harus Bersinergi Kembangkan UMKM

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjalin kerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan sektor UMKM dan koperasi agar bisa bertaraf nasional dan internasional dan lebih berdaya saing di era pasar bebas.

Menurut Kadin, seluruh kementerian dan lembaga harus bersinergi dalam sebuah program untuk mengembangkan UMKM di Indonesia.

“Termasuk sinergi program dengan Kadin di seluruh Indonesia”, kata Deputi Bidang SDM Kementrian Koperasi dan UKM Prakoso BS pada pertemuan pengurus Kadin Indonesia bidang UMKM dan Koperasi dengan Kadin Provinsi seluruh Indonesia dan Asosiasi, di Jakarta, Selasa (31/05/2016).

Untuk itu, semua pihak harus duduk bersama untuk membahasroadmap pengembangan UMKM di Indonesia, baik dalam skala regional ataupun sektoral.

“Dengan program sinergi itu, saya yakin program kami untuk menaikkan kelas sektor mikro ke kecil dan kecil ke menengah, bisa tercapai. Bahkan, dalam tiga tahun ke depan, saya optimis jumlah wirausaha kita bisa mencapai level 5 persen”, tandas Prakoso.

Sedangkan terkait pembiayaan, kata Prakoso, selain melalui kredit usaha rakyat (KUR), Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM harus menjadi garda terdepan dalam mengembangkan kinerja UMKM di seluruh Indonesia.

“Dalam hal ini, LPDB harus mempunyai skim pembiayaan tersendiri bagi UMKM di level bawah”, imbuh dia.

sumber: bisniskeuangan.kompas.com

Add a Comment