KAI Daop 3 Gelontorkan Rp535 Juta Untuk Program Kemitraan UKM

sap-jasa-kurir

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon menggulirkan dana bantuan modal kerja kepada 12 mitra UKM di Kota dan Kabupaten Cirebon dengan total nilai mencapai Rp535 juta. Bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan membantu pengembangan usaha UKM tersebut digulirkan dalam 2 tahap.

Tahap pertama Rp150 juta diberikan kepada 3 mitra UKM, dan tahap kedua Rp385 juta kepada 9 UKM. Masing-masing mitra UKM itu menerima dana bantuan berkisar Rp10 juta sampai dengan Rp50 juta. Para mitra UKM ini bergerak di berbagai bidang usaha, antara lain Batik, Pakan Ternak, Percetakan, dan Meubel, dan bidang usaha UKM lainnya.

Vice President PT. KAI Daop 3 Cirebon, Suparno berharap program ini dapat membantu masyarakat UKM dalam mengembangkan usahanya. Pihaknya juga akan terus melakukan komunikasi secara rutin dengan mereka yang menjadi anggota kemitraan UKM ini.

Hal itu diungkapkan Suparno pada acara penyerahan bantuan tahap kedua kepada 9 mitra UKM yang digelar di Aula kantor KAI Daop 3 Cirebon, Rabu (19/12).

Lebih lanjut dikatakannya, bantuan yang digulirkan ini bersifat pinjaman lunak. Pengembalian dana akan diangsur setiap bulan dengan masa pengembalian berfariasi dari mulai 1 tahun sampai dengan 3 tahun. Dana pengembalian itu akan ditampung KAI untuk digulirkan kembali kepada para UKM lain yang membutuhkan.

“Jadi dana pengembalian itu akan kami tampung dan akan kita gulirkan untuk saudara-saudara kita lain yang membutuhkan. Oleh karena itu diharapkan nanti pengembaliannya bisa berjalan dengan lancar” ungkap Suparno.

Dalam kesempatan itu, sebelum berlangsung acara penyerahan bantuan, dihadapan VP KAI Daop 3 Cirebon, Suparno, perwakilan anggota kemitraan UKM menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PT. KAI yang telah memberikan perhatian kepada mereka melalui bantuan ini.

“Kepercayaan yang telah diberikan PT. KAI kepada kami, mudah-mudahan kami semua bisa menjaga amanah tersebut dengan sebaik-baiknya,”  kata salah satu perwakilan mitra UKM.

Manager Keuangan PT. KAI Daop 3 Cirebon, Ririn Widi Astutik mengatakan, program kemitraan ini sudah lama bergulir sebagai bagian dari program CSR untuk menjalankan amanah dari Kemeterian BUMN.

“Program kemitraan ini tujuan salah satunya adalah untuk membantu perekonomian nasional. Dan lingkup kita di Daop 3 membantu perekonomian di wilayah kita, dan kita prioritaskan kepada usaha menengah kebawah,” ujarnya.

Dijelaskan, pinjaman yang diberikan ini sangat lunak dengan bunga pinjaman 6 persen per tahun atau 0,4 persen perbulannya. Pihak KAI Daop 3 Cirebon memiliki tim yang akan mencari dan menyeleksi para calon penerima bantuan dari kalangan UKM.

“Kita punya tim survey untuk mencari calon-calon mitra. Kriterianya yang penting mereka itu usahanya menengah kebawah,” kata Ririn.

sumber : www.news.fajarnews.com

Add a Comment