Kinerja Pendampingan PLUT KUMKM Dievaluasi

Bidang Pendampingan Usaha Kedeputian Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan kegiatan evaluasi hasil pendampingan usaha PLUT KUMKM di Medan tanggal 19-20 September 2017, diikuti 26 konsultan yang berasal dari 13 PLUT KUMKM se Sumatera, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Cak Samsul Ketua Umum DPN ABDSI yang juga sebagai Founder #FokusUMKM dan #LUNAS dalam kesempatan tersebut menjelaskan peran strategis PLUT KUMKM dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing KUMKM. Melalui strategi Go Modern, Go Digital, dan Go Online, diharapkan PLUT mampu membawa KUMKM Indonesia menjadi pemain bisnis global.

“Dari paparan 13 PLUT KUMKM yang mengikuti kegiatan evaluasi ini, secara umum PLUT sudah menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Bahkan sebagian PLUT sudah mampu mendapat kepercayaan dari berbagai pihak dalan melakukan pendampingan terhadap KUMKM sehingga PLUT tidak lagi hanya tergantung kepada sumber pembiayaan kegiatan dari APBN maupun APBD.” Ucap Cak Samsul.

Namun demikian, ada beberapa PLUT yang belum mampu menjalankan fungsinya karena terkendala berbagai hal. “Pemerintah daerah harus lebih memperhatikan PLUT KUMKM di daerahnya. PLUT harus didukung semua pemangku kepentingan di daerah tersebut agar keberadaannya bisa dioptimalkan dalam memberdayakan KUMKM dan mendukung tercapainya program pembangunan daerah. Sinergi menjadi kata kuncinya.” imbuh Cak Samsul.

Peserta kegiatan di Medan tersebut menyepakati lima poin yang akan menjadi tindaklanjut evaluasi, yakni: 1) intensif mengejar capaian target PLUT KUMKM di semester II 2017; 2) mengisi laporan kinerja triwulan III dan IV secara oline; 3) unggah data KUMKM, sentra, produk unggulan dan laporan kegiatan secara aktif dan teratur ke SIM CIS; 4) meningkatkan komunikasi, koordinasi dan sinergi dengan pemangku kepentingan PLUT KUMKM di daerah masing-masing, dan 5) berinisiatif meningkatkan kompetensi konsultan melalui media webinar, telegram, dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut Cak Samsul juga memperkenalkan LOGO KONGRES NASIONAL UMKM 2018 yang akan digelar di SMESCO INDONESIA Jakarta tanggal 1-2 Agustus 2018. Kongres Nasional UMKM tersebut rencananya akan digelar secara rutin di jakarta, sebagai panggung nasional peringatan Hari Nasional UMKM yang diperingati secara rutin oleh gerakan UMKM setiap tanggal 12 Agustus.

 

Add a Comment