Menteri UKM Cermati Sistem Resi Gudang
  Menteri UKM Cermati Sistem Resi Gudang

JAKARTA – Pemerintah melakukan sidak di pasar besar Cipinang, untuk memantau pasokan menjelang natal dan tahun baru. Selain itu, sidak dilakukan terkait Sistem Resi Gudang (SRG) yang diberikan oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

“Sejauh mana dana bergulir yang kita lempar di sini. Apakah sudah bermanfaat, dimanfaatkan oleh petani daerah untuk biaya memasok beras ke sini. Apakah sudah bisa dipakai ke resi gudang untuk jaminan yang dikelola oleh LPDB?” kata Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Kamis (6/11/2014).

Lebih lanjut dia menjelaskan, dana bergulir tersebut hingga sekarang telah mencapai Rp2 miliar. Saat ini, dana bergulir tersebut dikelola oleh lembaga dana bergulir.

“Oleh karena itu, yang saya tanya ke para pedagang, mudah-mudahan dengan dana bergulir itu antisipasi ke depan gejolak harga enggak tinggi serta spekulan enggak banyak main,” paparnya.

Kendati demikian, Gede mengatakan potensi adanya kenaikan dana bergulir bakal coba direalisasikan. “Kita berusaha untuk itu, karena saya bilang waktu itu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 sudah disahkan,”jelasnya.

“Karena pas saya turun ke beberapa pasar seperti di pasar Pisangan, pedagangnya menggunakan itu, ketika saya tanya enggak ada masalah dari segi pengembalian kredit juga enggak ada. Apalagi, resi gudang itu bisa dipakai jaminan,” tandasnya. (mrt)

Add a Comment