Pemerintah tutup peluang investor asing rambah UMKM

pemerintah-tutup-peluang-investor-asing-rambah-umkm

Pemerintah menutup peluang investor asing rambah sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian Haris Munandar mengatakan, investasi di UMKM sudah diatur dalam Undang-Undang No.20/2008. Dan, peraturan pemerintah terkait izin usaha industri.

“Jadi nggak perlu lagi diatur di Peraturan Presiden No.39/2014 terkait daftar negatif investasi (DNI),” jelas Haris di kantornya, Jakarta, Selasa (19/1).

Selain UMKM, Haris juga mengatakan, industri minuman beralkohol juga tertutup untuk investasi asing. Ini untuk mencegah kemerosotan moral atau moral hazzard. Hal sama juga berlaku untuk industri bahan kimia, terutama yang berbahaya.

“Jadi memang kami tutup. Hanya boleh yang sudah ada yang eksis yang boleh perluasan.”

Dia menambahkan, industri minuman alkohol hanya dibolehkan di dekat lokasi pariwisata. Dengan begitu, pemerintah lebih mudah mengontrol peredarannya.

Dalam revisi DNI, investasi asing masih terbuka dengan syarat-syarat tertentu. Salah satunya kepemilikan saham 48 persen atau lebih.

“Memang tujuan DNI ada kaitan dengan Asean Comprehensive Investment Agreement kemudian yang terkait dengan Asean Framework Agreement Services itu kita lakukan relaksasi, makin mengurangi hambatan-hambatan investasi.”

sumber : http://www.merdeka.com/

Add a Comment