Pemkab Sleman akan Maksimalkan Satu Juta Domain Gratis untuk UMKM

pemkab-sleman-akan-maksimalkan-satu-juta-domain-gratis-untuk-umkm

Program satu juta domain layanan situs internet gratis bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari Kementerian Komunikasi dan informatika (Menkominfo) membawa angin segar bagi pergerakan perekonomian daerah. Bahkan Pemkab Sleman berencana untuk memaksimalkan pemanfaatan program ini untuk mengembangkan potensi UMKM di wilayah setempat.

“Di era teknologi informasi yang berkembang pesat, program ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mempublikasikan usahanya,” tutur Bupati Sleman pada sosialisasi satu juta domain di The Sahid Rich Hotel, Selasa (4/10).

Program ini diharapkan mampu mendorong pergerakan ekonomi lokal ke arah yang lebih baik. Menurutnya, program ini sesuai dengan visi pembangunan Kabupaten Sleman 2016-2021. Di mana peningkatan aplikasi dan integrasi sistem e-Government menjadi salah satu poin penting yang harus digalakkan dalam berbagai bidang.

Sri mengakui, merealisasikan visi tersebut memang tidak mudah. Mengingat perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat tidak dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Kondisi ini akhirnya medorong pemerintah untuk memberikan kemudahan akses teknologi informasi bagi warga setempat.

Sri mengemukakan, Program Satu Juta Domain Gratis akan menjadi solusi untuk mendorong pertumbuhan e-commerce local, menumbuhkan konten positif dalam negeri, sekaligus melokalisir akses internet. Sehingga ini akan mempercepat peningkatan akses terhadap internet. “Data domain yang telah terdaftar di DIY baru mencapai 1.400 domain, dari total target sebesar 60 ribu,” kata Sri.

sumber: www.republika.co.id

Add a Comment