Pemkot Bandung Luncurkan Aplikasi Perizinan UKM Gampil

program-indipreneur-telkom-ajak-umkm-terjun-ke-dunia-online

Pemerintah Kota Bandung Jawa Barat meluncurkan aplikasi perizinan usaha kecil menengah, Gadget application mobile for license (Gampil), Kamis 25 Februari. Melalui aplikasi ini calon pengusaha dapat mengajukan perizinan melalui smartphone dengan mudah.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, melalui Gampil, pelaku usaha kecil menengah hanya perlu mendaftarkan usahanya kapanpun dan di manapun.

“Jadi, warga Bandung yang malam ini punya ide bisnis, besok lusa bisa langsung usaha,” kata Ridwan Kamil, di Kantor Pemerintah Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (25/2/2016).

Pria yang akrab disapa Emil, itu menuturkan, aplikasi ini terdiri dari 3 fitur yakni aplikasi untuk warga, aplikasi untuk kecamatan setempat, dan aplikasi untuk Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT). Warga yang mendaftar, selanjutnya akan diverifikasi pihak kecamatan setempat kemudian BPPT melakukan pendataan akhir.

Emil mengatakan, apanila warga kurang paham menggunakan aplikasi ini bisa datang ke kantor kecamatan setempat atau kantor BPPT.

“Nanti di sana akan dibantu untuk mendaftar, tapi daftarnya tetap pakai smartphone,” ujar dia.

Sementra itu Menteri Koperasi dan UKM, AA Gede Ngurah Puspayoga mengapresiasi langkah Pemkot Bandung karena mempermudah proses perizinan UKM.

“Ini sebuah program dari Pak Wali Kota yang betul-betul memihak UKM. Luar biasa sentuhan-sentuhan kemudahan bagi UKM,” kata Puspayoga.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengapresiasi terobosan izin usaha dalam jaringan (daring) Kota Bandung ini. Menurut Puspayoga, Kota Bandung sudah selangkah lebih maju dalam terobosan izin usaha.

Puspayoga juga akan menyampaikan terobosan izin usaha itu kepada Presiden Joko Widodo. Pemerintah akan mengadopsi izin usaha kecil menengah secara daring ini.

sumber: jabar.metrotvnews.com

Add a Comment