Pengesahan Akta Pendirian Koperasi Sekarang Bisa Lewat Online

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) hari ini meresmikan sistem online untuk pengesahan akta pendirian koperasi.

Layanan elektronik ini merupakan kerja sama antara pemerintah melalui kementerian koperasi dan UKM dengan Ikatan Notaris Indonesia, yang bertujuan untuk mempercepat proses pengesahan akta pendirian koperasi sehingga status badan hukum dapat diperoleh dengan cepat.

“Prosesnya itu kita sederhanakan, kita percepat untuk itu kita serahkan ke notaris yang terbiasa melakukan aktivitas notarial, intinya adalah masyarakat nanti menyerahkan syarat-syaratnya kepada notaris dan notaris yang melakukan verifikasi dan cek kelengkapan dan memastikan bahwa informasi itu benar adanya, setelah itu akan keluar akta, nah kalau sudah keluar dikirimkan kepada kami, istilahnya saya tinggal merem dalam rangka mempercepat itu,” kata Deputi Kelembagaan Pendirian Koperasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM), Choirul Djamhari, di kantor Kementerian KUKM, Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Berikut tahapan akta pendirian koperasi yang lama (sebelum sistem online)
Para pendiri datang ke dinas koperasi untuk berkonsultasi tentang tata cara pembentukkan koperasi
Pendiri melakukan rapat pembentukan
Notulen rapat pembentukkan dibawa ke notaris untuk dibuatkan akta notaris
Kelengkapan dokumen rapat pembentukkan anggaran dasar dibawa ke dinas koperasi untuk dicek kelengkapan dan diberikan surat pengantar untuk kementerian
Notaris harus datang ke kementerian koperasi untuk mengurus badan hukum koperasi.
Jika dibandingkan perbedaan dengan sistem online, terletak pada pengecekan kelengkapan dokumen yang dilakukan secara online dan notaris tidak perlu datang ke kantor kementerian koperasi dan UKM untuk mengurus badan hukum koperasi.

Dengan adanya sistem online ini, diharapkan dapat menambah Notaris Pembuat Akta Koperasi (NPAK) sehingga masyarakat dapat lebih mudah dan cepat dalam mendirikan koperasi.

“Sistem ini diharapkan bisa menambah jumlah NPAK, sekarang kan notaris ada sekitar 15.000-an, nah yang sudah terdaftar NPAK baru sekitar 9.700, kalau ada online ini kan diharapkan lebih banyak lagi NPAK jadi memudahkan masyarakat membuat koperasi,” kata Choirul.

Untuk memperoleh layanan elektronik tersebut, notaris pembuat akta koperasi yang sudah terdaftar di Kementerian UKM dapat mengakses melakui website Sisminbhkop.id dengan melakukan registrasi secara online.

Add a Comment