PT Inalum Salurkan Dana Bergulir untuk UKM

Tanjunggading .PT Inalum (Persero) menyerahkan bantuan bergulir program kemitraan kepada 11 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di sekitar perusahaan. Penyerahan bantuan dilakukan di komplek perumahan karyawan, Tanjunggading, 8 Desember lalu. Sebanyak 11 UKM yang didanai itu terdiri dari kelompok ataupun UKM perorangan yang berada di sekitar pabrik peleburan PT Inalum.

Program tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat PT Inalum yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan peminjaman dana dari perusahaan.

Hadir dari perusahaan Manajer Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum, Arfan Iqbal Harahap mewakili Deputy GM Umum dan CSR, W Djoko Laksono. Para pelaku UKM yang hadir merupakan UKM yang dipilih di antara puluhan UKM lainnya setelah melalui berbagai tahapan tes kelayakan. Tes dilakukan oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero) yang merupakan perusahaan penilai kelayakan kredit.

UKM tersebut terdiri dari berbagai jenis usaha, di antaranya usaha mebel, jahit pakaian, kuliner, pertanian, bengkel, nelayan dan lain-lain. Dana bergulir dengan waktu termin pengembalian selama 6 bulan ini dipinjamkan kepada UKM mulai dari Rp 3.000.000, sampai Rp 25.000.000.

Berkaitan dengan kesinambungan program kemitraan ini, Arfan Iqbal Harahap mengatakan setelah sampai tahap penyaluran dana, maka seluruh UKM yang terlibat diharapkan dapat menunjukkan performa dan kredibilitas terbaik. Tentu saja dalam hal pengembangan usaha dan kelancaran dalam pengembalian pinjaman, karena hal itu akan menjadi salah satu penilaian PT Inalum.

“Dan untuk selanjutnya akan diadakan evaluasi demi kesinambungan program ini di tahun berikutnya,” kata Arfan.

Faisal Amin salah satu perwakilan UKM menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada PT Inalum. Menurut Faisal, salah satu kendala pengembangan usaha selama ini adalah masalah permodalan.

“Dengan adanya program kemitraan PT Inalum ini kami merasa sangat terbantu. Ke depannya kita akan berusaha melakukan yang terbaik agar UKM kita dapat berkembang,” harap Faisal yang diamini pelaku UKM lainnya. ( rel/diur).

Add a Comment