PT Permodalan Nasional Madani (PNM-Persero) PNM Bidik Sejuta UKM

daftar-bumn-penerima-pmn-dalam-rapat-kerja-komisi-vi-dengan-menteri-bumn-beserta-jajarannya

Foto: Daftar BUMN penerima PMN. Dalam Rapat Kerja Komisi VI dengan Menteri BUMN beserta jajarannya. (BUMN Insight/Nick Hanoatubun)


PT Permodalan Nasional Madani (Persero) membidik sejuta Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia pada lima tahun mendatang.

Target ini muncul setelah Komisi VI DPR mengusulkan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan tahun 2015 sebesar Rp 1 triliun.

“Kami ajukan perencanaan kepada komisi VI DPR dalam lima tahun ke depan akan meningkatkan penyaluran modal sebesar Rp 58 triliun mulai tahun 2016,” kata Executive Vice President PNM, Arief Mulyadi, Senin, 6 April 2015.

Arif mengungkapkan bahwa PMN itu diperkirakan baru cair sekitar akhir tahun 2015 sehingga baru efektif digunakan awal tahun 2016. Namun, kendati tanpa modal negara PNM telah memiliki ancang-ancang untuk menumbuhkan penyaluran modal sebesar 25 persen.

Hingga kini PNM telah menyalurkan modal Rp13 triliun kepada sekitar 240 ribu pelaku UKM di seluruh Indonesia melalui Unit Layanan Modal Mikro.

“Kami sudah berdiri 16 tahun lalu dan mendapat modal dari pemerintah sebesar Rp 300 miliar dan dalam lima tahun saja, kami bisa menyalurkan modal Rp 13 triliun,” katanya.

Kemampuan menyalurkan modal melampaui modal awal tersebut karena PNM menjual obligasi berupa penawaran umum berjangka dan adanya fasilitas serta kerja sama dengan beberapa bank melalui pinjaman komersial.

sumber : http://www.bumninsight.co.id

Add a Comment