PTSP Latih UKM Dagang Elektronik

PTSP Latih UKM Dagang Elektronik

PT Semen Padang (PTSP) kembali menyalurkan dana kemitraan Rp1,79 miliar kepada 78 UKM pada Triwulan II/2016. UKM baru dan UKM yang telah dibina itu dilatih mempromosikan dagangan dan bertransaksi jual beli melalui internet atau perdagangan elektronik (e-Commerce).

“Salah satu kelemahan pe­masaran UKM kami ada­lah pro­mosi dan kemasan. Seka­rang banyak konsumen me­lirik be­lanja online (da­­ring red). Ma­kanya, kami me­nyiapkan UKM binaan ini mengikuti trenonline ini,” ujar Direktur Ke­uangan PT­SP, Tri Hartono Rian­to di­dam­pingi Kadep KSU Ampri Sa­tyawan saat pem­bukaan Pem­bekalan Calon Mi­tra Bi­naan PT Se­men Pa­dang di Ge­dung Serba Guna (GSG) In­­darung, kema­rin. Ha­dir da­la­m kesem­patan itu, Plt Ke­­pa­la Dinas Koperasi dan UM­­­KM Sumbar, Zirma Yus­ri, dan Kabiro Pereko­nomian Sum­­­­bar yang diwakili oleh Ri­vai.

Tri Hartono menjelaskan, pada tahap awal, mitra binaan akan mendapatkan pelatihan dan sosialisasi tentang Perda­gangan elektronik. PTSP berharap melalui cara ini, pelaku UKM di Sumbar ma­kin mandiri dan terus ber­kem­bang hingga besar. Saat ini, ada sekitar 40 mitra binaan PTSP yang jadi eks­portir. Pihaknya mengi­ngin­kan hal yang sama terhadap pelaku usaha kecil lain.

Menurutnya, pembinaan ter­hadap usaha kecil perlu di­lakukan di tengah persai­ngan dunia usaha saat ini. Jika pelaku UKM  memiliki ma­na­jemen yang bagus dan meng­hasilkan produk ber­mu­tu, produknya akan dicari kon­sumen dan memiliki nilai jual tinggi.

Sementara itu, Kadep KSU PTSP, Ampri Satyawan mengungkapkan, dana ke­mitraan senilai Rp3,09 miliar terealisasi dari target Rp10 miliar pada 2016. Sebanyak 178 mitra binaan mendapat dana bergulir tersebut.

“Untuk penyaluran tahap II ini dialokasikan Rp1,79 mi­liar untuk 78 mitra binaan, di antaranya untuk Padang, Ko­ta Solok, Bukittinggi, dan Ke­pulauan Mentawai,” tutur­nya.

Ia menerangkan, pada ta­hun ini, PTSP menyalurkan da­na kemitraan untuk Men­ta­wai. Ada sebanyak 24 mitra bi­­naan yang dibantu dengan to­­tal dana mencapai Rp400 ju­­ta. Saat ini, pelaku usaha ke­­cil Mentawai terus meng­ge­­liat, ada yang bergerak di bi­­dang kerajinan tangan, ma­ka­nan, dan pembuatan pera­hu.

Sejak 1987, Semen Pa­dang membina sekitar 5.800 UMKM yang bergerak di berbagai sektor, seperti in­dustri, perdagangan, perta­nian, peternakan, perke­bu­nan, perikanan, dan jasa. UMKM tersebut tersebar di seluruh kota dan kabupaten di Sumbar. Sejak 1987 hingga 2016 dana Program Kemi­traan yang telah disalurkan mencapai lebih dari Rp104,8 miliar.

sumber: http://harianhaluan.com/

Add a Comment