Sasar UMKM, Bank DKI Tambah Outlet di Pasar Milik PD Pasar Jaya

Demi menjangkau lebih banyak pelaku UMKM  di wilayah DKI Jakarta, Bank DKI akan membuka lebih banyak kantor layanan di sejumlah pasar yang dikelola oleh PD Pasar Jaya di tahun 2017 ini.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan intermediasi perbankan.

Terakhir, Bank DKI telah masuk ke tiga pasar yang dikelola oleh PD Pasar Jaya, yaitu di Pasar Bukit Duri, Pasar Tomang dan Pasar Cipulir pada Rabu (28/12/2016) lalu.

Pada saat yang bersamaan, Bank DKI juga membuka kantor layanan yang berlokasi di Jalan Suryopranoto, Jakarta Pusat.

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Priagung Suprapto menuturkan bahwa Bank DKI berencana akan terus menambah jumlah kantor layanan Bank DKI yang berlokasi di Pasar kelolaan PD Pasar Jaya.

Menurut Priagung Suprapto, dari 148 pasar yang dikelola oleh PD Pasar Jaya, jumlah kantor layanan Bank DKI yang berada di pasar kelolaan PD Pasar Jaya belum maksimal.

“Jadi jumlah kantor layanan Bank DKI itu akan kami tambah terus hingga mencapai jumlah pasar yang ada di Jakarta,” ujar Priagung Suprapto melalui siaran pers yang diterima Warta Kota, baru-baru ini.

Sebagai sesama BUMD DKI Jakarta, kata Priagung, sinergi Bank DKI dan PD Pasar Jaya juga akan memberikan manfaat kepada pelaku UMKM di DKI Jakarta, khususnya para pedagang pasar tradisional yang dikelola oleh PD Pasar Jaya.

“Apalagi PD Pasar Jaya merupakan salah satu pemegang saham Bank DKI,” ujar Priagung Suprapto.

Dengan diresmikannya Kantor layanan Bank DKI di tiga pasar tersebut, kata dia, maka Bank DKI secara keseluruhan telah memiliki 273 kantor layanan yang terdiri dari 33 kantor Cabang konvensional, 3 cabang syariah, 61 cabang pembantu, 12 cabang pembantu syariah, 98 kantor kas konvensional, 6 kantor kas syariah, 46 payment point dan 14 kantor fungsional.

Sekadar informasi, Bank DKI telah banyak melakukan kerjasama dengan PD Pasar Jaya, termasuk diantaranya pada Maret 2016, dimana Bank DKI menyalurkan kredit dengan total nilai Rp1,5 miliar kepada 150 pedagang PD Pasar Jaya.

Selanjutnya pada Juni 2016, Bank DKI juga bekerjasama dengan PD Pasar Jaya menyalurkan kredit kepada 489 debitur yang merupakan pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan total Rp26 miliar.

Per Oktober 2016, total aset Bank DKI tercatat sebesar Rp42,41 triliun, dengan dana pihak ketiga per Oktober 2016 adalah sebesar Rp30,38 triliun dan penyaluran kredit sebesar  Rp24,36 triliun.

Per Oktober 2016, laba setelah pajak Bank DKI per Oktober 2016 tercatat sebesar Rp504 miliar.

sumber: wartakota.tribunnews.com

Add a Comment