SEMANGAT WIRAUSAHA DALAM SECANGKIR WEDANG UWUH

wedang uwuh

Pada awalnya, Wedang Uwuh adalah minuman khas rakyat di Imogiri. Menyebut Imogiri kita mengingat zaman dulu, zaman lawas, zaman Mataram Islam. Sebagai salah satu poros utama pemerintahan Kerajaan Mataram Islam di masa lalu banyak sekali peninggalan budaya di Imogiri yang menandakan zaman keemasan itu. Salah satunya wedang uwuh. Wedang dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah.

Dahulu Wedang Uwuh benar-benar dibuat dari daun-daun gugur pohon Pala dan Cengkih di areal Astana Pajimatan Girirejo Imogiri, kompleks makam Raja-raja Mataram. Hal ini dilakukan sebagai laku kearifan lokal masyarakat dalam memelihara kelestarian alam sekitar makam raja dan menghormati raja-raja yang bersemayam di sana.

Wedang uwuh disajikan panas, memiliki rasa manis pedas, warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena serutan Kayu Secang. Kini Wedang Uwuh telah menjadi salah satu ikon kuliner Yogyakarta. Dan geliat kewirausahaan di bidang minuman rempah bergairah mencari bentuk-bentuk usaha, desain produk dan bertumbuh.

Dahulu, Wedang Uwuh masih dalam bentuk bahan rempah-rempah utuh yang disajikan dalam gelas dan dituangi air mendidih.Kini melalui proses kreatif, semangat wirausaha dan kebutuhan akan kepraktisan, wedang uwuh dikembangkan menjadi bentuk instan, bentuk celup, dengan kemasan yang menarik. Di acara KONGRES UMKM 2016 & TEMU NASIONAL PENDAMPING, Yogyakarta, 25 – 26 Mei 2016, dengan semangat kehangatan wedang uwuh, kita akan kembali menegaskan gairah kewirausahaan berbasis ekonomi kerakyatan, menggelar Dialog MULTI STAKEHOLDERS ENTREPRENEURSHIP INITIATIVE, dan EXPO ( MEIFEX 2106 ) 23 – 26 Mei 2016.

Tunggu apa lagi? Mari terlibat dalam Event ini KONGRES UMKM 2016 & TEMU NASIONAL PENDAMPING Yogyakarta, 25 – 26 Mei 2016 sumbang saran anda di acara ini akan tercatat dalam Sejarah Pemdampingan UMKM Indonesia

segera daftar di

http://bit.ly/TNP2Jogja

http://tnp2jogja.pendamping-kumkm.com

Add a Comment