Tahun ini Kemenkop UKM Bangun 5 PLUT

Oleh sebab itu, melalui anggaran 2018 Kemenkop UKM bakal membangun lima PLUT. Terdiri dari 1 Provinsi, 4 Kabupaten/Kota yakni Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Kendal, Kota Batam, Kota Pasuruan dan Kabupaten Jembrana.

“Kami berharap KUMKM bisa melihat PLUT ini sebagai lembaga mediasi bagi pengembangan KUMKM yang mencakup peningkatan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses ke pembiayaan, pengembangan SDM, serta kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM,” kata Asdep Pendampingan Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM Eviyanti dalam siaran pers pada Rabu (18/4).

Dengan PLUT-KUMKM, ia mengatakan, para pelaku koperasi dan UKM dapat semakin terdorong meningkat kapasitas dan kemandirian usahanya melalui penyediaan jasa non finansial yang menyeluruh, terintegritas, dan bersifat stimulus.

Terlebih, kata dia, PLUT memang dirancang sebagai wadah mediasi bagi KUMKM dalam membangun hubungan dengan pemangku kepentingan lainnya.

“PLUT-KUMKM sebagai program terobosan menjadi suatu sistem yang di dalamnya menyinergikan pemangku kepentingan,” katanya.

Add a Comment