Terinspirasi Dari Kain Bekas, Hingga Go Internasional

DSC_3689

Noor Suryanti, merupakan pelaku usaha dan pendiri dari Komunitas Pelangi Nusantara yang membuat sebuah produk kerajinan unik dari kain perca, dalam membuat produknya ia memanfaatkan bahan baku dari limbah konfeksi. Berawal dari hobi menjahitnya kemudian ia terispirasi untuk membuat kerajinan ini dari sisa-sisa kain yang sudah lagi tidak terpakai.

Ia mulai menjalankan bisnis ini mulai dari tahun 2008, ia pun juga sering mengikuti berbagai pameran untuk lebih mengembangkan produk kerajinannya. “Dari sesuatu yang tidak berguna saya ciptakan produk yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi” ungkapnya.

Produk yang ia ciptakan juga cukup beragam dan unik, mulai dari sarung bantal, bed cover, dan semua berbagai peralatan rumah tangga.

Awalnya ia hanya mempekerjakan hanya 5 sampai 10 orang untuk memproduksi kerajinan kain perca ini, namun hingga saat ini ia sudah memiliki binaan 20 kelompok yang masing-masing kelompoknya memiliki anggota 200 orang wanita usia produktif. Dalam menggembangkan usahanya Suryanti menggunakan bisnis Social Enterpreneur, ada dampak sosial bagi bisnis yang ia jalankan saat ini.

Hingga saat ini Suryanti juga melakukan kerja sama dengan Jepang dan Australia untuk memasarkan dan mengeksport berbagai produk kerajinannya. Ia juga memiliki harapan agar bisa menambah lagi Buyer dari luar negri untuk lebih mengembangkan dan memasarkan produk kerajinan kain percanya.

Community PelaNusa

E. Noor Suryanti

Phone    : +62341-450135

Mobile  : +6281 333 306 767

Jl. Wijaya Barat No 84 Singosari, Malang, Jawa Timur.

Add a Comment