UMKM Harus Bisa Tangkap Peluang

Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Erwan Kurtubi menyatakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus bisa menangkap peluang usaha, dan tidak hanya fokus pada satu kegiatan.

“Jangan hanya satu jenis usaha. Kalau memang ada peluang lain harus berani mengambilnya,” katanya di Pandeglang dikutip Antara, Minggu (6/3/2016). 

Menurut dia, sebenarnya banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan oleh pelaku UMKM, dan  menyangkut berbagai sektor, mulai dari pariwisata, peternakan sampai pertanian. Selama ini, kata dia, sebagian besar UMKM bergerak pada industri rumah tangga. Dia berharap peluang usaha bisa menyasar berbagai sektor lain, terutama pertanian dan periwisata.

Untuk bidang pertanian, kata dia, kalangan UMKM bisa berinvestasi dalam bidang pengembangan padi untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Kemudian, kata dia, pengolahan makan banyak bahan baku yang bisa diolah seperti talas beneng, pisang ataupun jenis umbi-umbian lainnya.

Ia juga menyatakan jumlah UMKM di Kabupaten Pandeglang cukup banyak tersebar di 35 kecamatan dengan usaha yang ditekuni beraneka ragam.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kabupaten Pandeglang  Olis Solihin menyatakan, jumlah pelaku UMKM di daerah itu mencapai 48 ribu.

Menurut dia, UMKM tersebut merupakan potensial menjadi kekuatan yang akan mempu mendorong perkembangan ekonomi di Kabupaten Pandeglang. Karena itu, kata dia, pemerintah Kabupaten Pandeglang terus membina pelaku UMKM tersebut sehingga diharapkan bisa lebih berkembang.

“Dari sekian banyak pelaku UMKM itu tidak sedikit yang bergerak  dibidang industri rumah tangga juga cukup banyak, diantaranya pembuatan emping melinjo, anyaman, sepatu, pembuatan ikan asin dan cenderamata,” pungkasnya.

sumber: ekonomi.metrotvnews.com

Add a Comment