UMKM Keluhkan Kesulitan Dapatkan Modal Usaha

Para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal mengeluhkan sulitnya mendapatkan pinjaman modal dari koperasi maupun lembaga perkreditan dengan bunga rendah dan tanpa agunan. Padahal modal tersebut sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha.

Nur Aini, salah seorang pelaku UMKM menyampaikan keluhan itu kepada anggota DPR RI, Juliari P Batubara dalam kunjungannya di Kendal Permai Lantai II kemarin. Kunjungan itu dilakukan dalam masa reses anggota Komisi IV DPR RI. Juliari di dampingi anggota DPRD Kendal, Tri Purnomo dan Akhmat Suyuti.

Dia berharap pemerintah bisa memberikan kemudahan pelaku UMKM supaya mendapat bantuan modal lewat kredit lunak dan tanpa agunan. Selama ini dirinya maupun pelaku UMKM lainnya, kesulitan mengembangkan usahanya karena terbentur dengan modal.

”Kami selalu kesulitan memperluas pemasaran, karena semua tempat yang kami tawari, menggunakan sistem titip jual. Kalau dengan sistem itu, modal belum tentu balik dengan cepat dan butuh modal besar, sehingga lebih memilih memberikan perhatian kepada pelanggan tetap,” jelasnya.

Koperasi

Ditambahkan, pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman di koperasi maupun BPR harus menggunakan agunan. Padahal sebagian besar pelaku UMKM adalah orang kecil, yang tidak memiliki barang berharga yang bisa digunakan sebagai agunan.

“Untuk kredit kecil Rp1 juta bisa tanpa agunan, namun bunganya terlalu besar sekitar sempat persen setiap bulan. Ada pula koperasi yang memberi pinjaman Rp 2 juta, tetapi kami menerima Rp1,8 juta. Sementara pengembalian 12 kali anggsuran Rp 200 ribu setiap pekan,” jelasnya.

Juliari P Batubara, mengatakan, idealnya koperasi dapat memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM. Bunga pinjaman yang diberikan jangan sampai terlalu tinggi.

Dikatakan, sebuah usaha membutuhkan profit, tetapi kalau mencari keuntungan jangan terlalu tinggi. Apalagi model koperasi harusnya lebih memperhatikan pendekatan kepada ekonomi kerakyatan. Pihaknya berjanji bakal memberikan bantuan kepada koperasi di Kabupaten Kendal yang mampu memberikan kredit ringan dengan bunga rendah kepada pelaku UMKM.

“Silakan dicari koperasi yang memberikan kredit ringan dan bunga rendah yang benar-benar ingin membantu pedagang kecil. Kalau ada, dicatat dan laporkan ke saya, nanti akan saya kasih bantuan,” tambah dia. (H36-72)

sumber : berita.suaramerdeka.com

Add a Comment