UNS SME’s Summit & Awards Ditargetkan Jadi Event Berskala Internasional

Rektor UNS, Ravik Karsidi saat memberikan sambutan di pameran UMKM dalam rangkaian UNS SME’s Summit & Award, Rabu(12/7/2017).

Gelaran UNS Small Medium Enterprise’s (SME’s) Summit & Awards kedepannya ditargetkan bisa menjadi kegiatan berskala nasional.

“Selama ini UNS SME’s Summit & Awards sudah berskala nasional, kedepannya diharapkan dan ditargetkan bisa berskala internasional,” kata Rektor Universitas Sebelas Maret(UNS) Surakarta, Ravik Karsidi saat membuka pemeran UMKM dalam rangkaian UNS SME’s Summit & Awards 2017, Rabu (12/7/2017).

 Dengan diperluas ke skala internasional, lanjut Ravik, kesempatan untuk berbagi pengalaman dan target pasar bagi UMKM tentu lebih besar.

Menurutnya, UMKM mempunyai peran penting dalam memberikan sokongan pengembangan ekonomi khususnya, dan pembangunan ekonomi umumnya di Indonesia.

Melalui pameran, diharapkan memberikan ruang bagi UMKMuntuk saling bertemu memamerkan hasil karya dan produknya dan dapat saling memotivasi untuk selalu meningkatkan daya saingnya.

Peserta pameran UMKM kali ini di antaranya PLUT-KUMKM Kabupaten Cianjur, BDS Pupuk Bandung, PT. Pertamina (Persero) RU II Kilang Sungai Pakning,dan  PT. Pertamina (Persero) RU VI Balongan.

Kemudian PT. Badak NGL, PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT. Holcim Indonesia, Tbk., dan Pabrik Cilacap.

Pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi kegiatan pembuka 6th UNS Small Medium Enterprise’s (SME’s) Summit & Awards 2017 di Student Center Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta digelar Rabu-Jumat(12-14/7/2017).

Pameran memperkenalkan beragam produk UMKM dampingan dalam Program Kemitraan dan Badan Lingkungan (PL-BK) maupun Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dan instansi.

“Terutama perusahaan yang konsen dalam pengembangan UMKM, serta bagi UMKM dampingan Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM (PSP-KUMKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS,” kata Ravik.

Pameran ini, turut memperingati Hari Koperasi Nasional yang diperingati setiap 12 Juli.

“UNS juga ikut memperingati dan mempelopori pengembangan UMKM,” kata Ravik.

Ravik menegaskan, UMKM merupakan salah satu dari enam unggulan yang dimiliki UNS.

“Empat tahun yang lalu, secara berturut-turut UNS telah menerima penghargaan di bidang pengembangan UMKM baik dari menteri maupun dari presiden karena UNS dinilai sebagai perguruan tinggi yang sangat peduli terhadap keberadaan dan pengembangan UMKM,” papar Ravik.(*)

Add a Comment